Spread the love

Fakultas Syariah Menyelenggarakan Seminar Internasional Membahas Isu Transgender

Acara International Seminar oleh Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya di pagi Selasa, 12 September 2023 yang bertempat di Aula Gedung Bundar Asmaul Husna IAIN Palangka Raya, dihadiri oleh pemateri dari Universiti Utara Malaysia, Wakil Rektor II IAIN Palangka Raya, Dekan dan Dekanat Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya, Ketua Jurusan Fakultas Syariah beserta Kaprodi, dosen, dan tendik Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya. Begitupula mahasiswa-mahasiswi dari tiga program studi yang sangat antusias mengikuti seminar hingga memenuhi aula.

Kegiatan yang dipandu oleh Rabiatul Adawiyah mahasiswi semester lima prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Bayu Kencono mahasiswa semester tujuh prodi Hukum Tata Negara serta dilantunkan ayat suci oleh Akmal Anshari Rahman mahasiswa semester lima prodi Hukum Ekonomi Syariah dan doa oleh Al Nafiz dari prodi Hukum Keluarga Islam tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya. Sebelum membuka acara, Dr. Sadiani, M.H., C.Med., memberikan sambutan yang diantaranya penyampaian pentingnya membentengi diri agar tidak terjerumus kepada salah satu fenomena yang terjadi di zaman sekarang yakni isu LGBT dan perlunya mengkaji apa yang akan disampaikan oleh pemateri seminar yakni terkait transgender.

Dr. Muhammad Hafiz bin Badarulzaman, Ketua Unit Penyelidikan Shariah dan Undang-Undang Perniagaan Islam (SHURA), pada Pusat Pengajian Undang-Undang, Universiti Utara Malaysia, sebagai pemateri pada kegiatan ini. Dengan tema “Transgender and Non-Binary Gender in Contemporary Law” beliau menyampaikan diantaranya tentang Pandangan Islam Terhadap Transgender dan Undang-Undang Syariah di Malaysia terkait Transgender. Setelah penyampaian materi, mahasiswa-mahasiswi mengajukan pertanyaan kepada pemateri yang dipandu oleh Anas Maulana, M.H., selaku moderator. Dengan terselenggaranya seminar internasional tersebut maka telah memberikan banyak manfaat untuk Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya salah satunya memberikan pemahaman kepada civitas akademika terkait isu terbaru. Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat pemateri dan sesi foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.