Spread the love

Kini, Alat Penghitung Awal Bulan Qamariyah ada di Fakultas Syari’ah

Pada hari Rabu, 25 November 2020, Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya mengadakan workshop falakiyah dengan mengusung tema: ‘Pengenalan dan Penggunaan Alat-Alat Falakiyah’. Workshop ini diselenggarakan selama 2 hari, yakni 25 s.d 26 November 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Peserta workshop yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Syari’ah sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ini semua karena dengan adanya alat tersebut, Fakultas Syari’ah pun dapat ikut serta dan berkontribusi dalam penentuan awal bulan Qamariyah baik untuk menentukan awal puasa, penentuan hari raya dan sebagainya.

Dekan Fakuktas Syariah, IAIN Palangka Raya, Dr. H. Abdul Helim, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pengembangan diri fakultas syariah, terutama di bidang ilmu falak. Dengan ketersediaan alat-alat falakiyah ini, diharapkan nantinya Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya dapat berkontribusi dalam perhitungan dan penetapan awal bulan Qamariyah dan termasuk juga menentukan arah kiblat di beberapa tempat. Lebih lanjut, workshop ini bertujuan untuk mengenalkan alat-alat falakiyah kepada mahasiswa secara langsung agar nantinya mereka juga bisa berkompetensi di bidang ini.

Pelaksanaan Workshop Falakiyah dibuka oleh Wakil Rektor II, Bpk. Dr. H. Sardimi, M.Ag. Pembukaan juga dihadiri oleh seluruh Dosen dan staf Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya.
Narasumber untuk kegiatan yang akan dilaksanakan hingga besok hari ini adalah: H. Fahrudin, S.Ag, M.AP, dan Asep Muhammad Perbawana serta dosen pengampu mata kuliah Ilmu Falak, Eka Suriansyah, M.S.I. juga turut menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *