Kuliah umum oleh Menteri Agama RI

Palangka Raya, 23 October 2018

Selasa pagi ini merupakan hari yang disambut dengan antusias oleh seluruh civitas akademik IAIN Palangka Raya. Hari ini diadakan agenda kuliah umum yang dipanitiai oleh Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya menghadirkan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Kegiatan dimulai pada jam 9.45 dan bertempat di halaman rektorat IAIN Palangka Raya.

Rektor IAIN Palangka Raya Dr.Ibnu Elmi A.S Pelu, SH, MH dalam sambutannya mengatakan sangat senang hati menerima kunjungan ke-4 Menteri Agama ke kampus kita yang tercinta ini. Rektor IAIN juga menyampaikan kesiapan IAIN Palangka Raya sebagai bagian dari BPPJH (penjamin halal) dan Pengembangan lembaga IAIN Palangka Raya.

Sebelum acara inti kuliah umum dimulai, dilakukan pembacaan doa oleh Dr.Abdul Helim,M.Ag. selain itu, di dalam acara kuliah umum ini diisi juga dengan penyerahan bantuan radio dan klinik oleh Pemerintah KalTeng kepada IAIN Palangka Raya senilai Rp 527.950.000 secara simbolik.

Memasuki acara inti yaitu kuliah umum dari Menteri Agama, dalam orasi yang disampaikan bahwa Keragaman Agama di Indonesia jangan dijadikan pemecah belah bangsa. Sebaliknya, Keragaman tersebut merupakan kekayaan Indonesia yang patut dibanggakan. Di hadapan seluruh civitas akademik IAIN Palangka Raya, Menteri Agama berharap sebagai kaum akademisi dan intelektual dapat menghindari sikap-sikap yang radikalisme dan antipati terhadap Agama lain.

 

Dalam sesi selanjutnya, disediakan waktu dialog yang memberikan kesempatan kepada 4 mahasiswa untuk bertanya kepada Menteri Agama. Salah satu dari pernyataan yang menarik adalah Kapan bisa aluh status IAIN menjadi UIN dan bagaimana cara kita melihat perbedaan ras dan agama. Menteri Agama menjawab bahwa dengan banyak mencari pengetahuan dan wawasan akan menjadikan kita bersikap luwes dan terbuka terhadap perbedaan. Selain itu, untuk menuju UIN kekuatan internal harus dikuatkan baik dari pendidikan dan pengajaran, fasilitas, dan Sumber daya manusia yang kompeten.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *