Sarana dan Prasarana

Dalam rangka menunjang kompetensi mahasiswa yang tidak sekedar teoritis serta mengoptimalkan pendidikan dan pengajaran agar menghasilkan lulusan yang profesional, maka diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, maka Fakultas Syariah melengkapi dengan berbagai sarana dan unit penunjang, yaitu :

1. Laboratorium Syariah

  • Laboratorium Hukum bagi mahasiswa Prodi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah sebagai sarana pelatihan dan pengalaman dalam praktik kemahiran hukum.
  • Laboratorium Falakiah bagi mahasiswa Prodi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah, dan Zakat Wakaf sebagai sarana pelatihan dan pengalaman dalam ilmu falak, seperti penetapan awal bulan, penentuan arah kiblat, perubahan waktu shalat dan lain-lain.


2. Ruang Praktikum
Ruang praktikum disediakan sebagai sarana penyelenggaraan praktikum bagi mahasiswa :

  • a. Ruang Praktikum Peradilan untuk Prodi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah.
  • b. Ruang Praktikum Falakiah untuk Prodi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah.
  • c. Ruang Praktikum ke-KUA-an untuk Prodi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah.
  • d. Ruang Praktikum Keuangan Syariah untuk Prodi Zakat Wakaf.



3. Program Unggulan

• Bimbingan Membaca Kitab (BMK) atau Qira’atul Kutub (QK)
Program ini diselenggarakan untuk semua prodi dan wajib ditempuh seluruh mahasiswa, yang bertujuan membantu mahasiswa mampu membaca dan memahami kitab-kitab turats yang merupakan prasyarat utama sebagai calon hakim, penghulu, dan ahli dalam keperdataan Islam.

• Program Tahsin al-Quran
Program ini diselenggarakan untuk semua prodi dan wajib ditempuh oleh semua mahasiswa yang bertujuan membantu mahasiswa dalam tahfid ayat-ayat ahkam dan hadis-hadis ahkam yang berkaitan dengan Hukum Perdata Islam khususnya Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syariah, dan Zakat Wakaf.

4. Perpustakaan

Perpustakaan merupakan sarana yang sangat penting sebagai jantungnya sebuah lembaga pendidikan. Perpustakaan digunakan untuk kajian keilmuan, perkembangan ilmu pengetahuan, penelitian dan karya ilmiah dosen dan mahasiswa terutama keilmuan hukum dan hukum Islam.

Koleksi buku dalam Perpustakaan Fakultas Syariah masih terpusat pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan IAIN Palangka Raya, namun seiring dengan perkembangan Fakultas Syariah diusahakan memiliki perpustakaan sendiri. UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya memberikan beberapa jenis layanan kepada pengguna diantaranya:

  • Layanan sirkulasi adalah layanan utama UPT perpustakaan berupa layanan peminjaman dan pengembalian koleksi buku umum (lantai 2) untuk anggota perpustakaan yang aktif.
  • Layanan baca di tempat diberikan bagi pengunjung yang memanfaatkan waktu istirahat pelayanan (Pukul 12.00 s.d. 13.00 WIB) dengan menggunakan fasilitas yang ada di UPT Perpustakaan.
  • Layanan referen dan penelusuran adalah layanan bagi pengguna untuk mendapatkan bantuan, petunjuk, bimbingan mencari informasi tetang buku-buku rujukan dasar seperti kamus, ensklopedi, indeks dan sebagainya.
  • Layanan koleksi skripsi, tesis, desertasi, dan laporan penelitian.
  • Layanan koleksi buku tandon dan serial. Koleksi buku tandon berupa buku-buku eksemplar pertama dari koleksi yang disediakan untuk layanan sirkulasi. Koleksi serial terdiri dari terbitan berupa jurnal, majalah, buletin, dan koran.
  • Layanan informasi digital berupa OPAC, CD Rom, Media TV, CD/DVD, dan digital library dengan aplikasi GDL42 dan e-print lewat komputer dan internet.



5. Jurnal

Fakultas Syariah memiliki Jurnal Ilmiah yang bernama “El-Maslahah” terbit sekali dalam setahun sebagai media bagi dosen dan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah terutama masalah kesyariahan yang aktual.

Last update: 23 August 2016 (AP)