Spread the love

Tim Dosen Fakultas Syariah Menggelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Teknologi Informasi pada Guru dan Siswa Madrasah Aliyah se-Kota Palangka Raya

Pada 21 s.d. 22 September 2021 (Selasa s.d. Rabu), Tim Dosen Fakultas Syariah yang diketuai oleh Ibu Laili Wahyunita, M.Cs., menggelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Teknologi Informasi pada Guru dan Siswa Madrasah Aliyah se-Kota Palangka Raya di MA Raudhatul Jannah. Meskipun dilaksanakan secara luring, kegiatan tersebut dihadiri dengan jumlah peserta terbatas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang nantinya akan dilanjutkan dengan pelatihan secara daring.

 

Pada hari pertama pelatihan, peserta disuguhi dengan berbagai materi terkait karya tulis ilmiah yang disampaikan oleh tim Dosen Fakultas Syariah, IAIN Palangka Raya. Materi-materi tersebut berupa pemahaman terhadap karya tulis, metodologi riset, sistematika jurnal, teknik penulisan, dan plagiasi. Hari kedua dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi pendukung seperti online research dan publikasi ke Open Journal System. Setelah peserta dibekali dengan materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung pengolahan artikel berbasis IT. Artikel-artikel yang ditulis tersebut kemudian dibedah bersama dan diakhiri dengan proses submit artikel ke jurnal ilmiah.

 

Melalui kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah ini, diharapkan peserta mampu memahami dan semakin mengenal komponen-komponen dalam sebuah artikel jurnal dan mampu menghasilkan artikel sesuai dengan bidang keahliannya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu terus membangkitkan geliat literasi di kalangan guru dan siswa Madrasah Aliyah di Kota Palangka Raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *