Selasa, 4 Juni 2024, telah dilaksanakan Pelantikan Majelis Pengurus Wilayah Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (MPW HISSI) Kalimantan Tengah Periode 2023-2027. Kegiatan pelantikan ini dilaksanakan di Aula Pascasarjana IAIN Palangka Raya, oleh Ketua Umum HISSI Prof. Dr. KH. Muhammad Amin Suma, B.A., S.H., M.H., M.M., yang merupakan Guru Besar Fakultas Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pelantikan ini selain dihadiri oleh segenap pengurus HISSI yang dilantik juga dihadiri oleh perwakilan dari Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Plh. Dekan Fakultas Syariah, Wakil Dekan Fakultas Syariah, Ketua Jurusan Ilmu Syariah, Ketua-ketua Prodi, para dosen dan tendik, serta mahasiswa S1 dan S2.

Plh. Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya, Dr. Surya Sukti, M.A. dalam sambutannya mengatakan dengan adanya MPW HISSI Kalteng diharapkan HISSI dapat menjadi wadah bagi segenap sarjana syariah, ilmuwan, dan profesional di bidang hukum untuk bersinergi dalam mengembangkan keilmuan dan kiprah pengabdian di tengah-tengah masyarakat. Menurut beliau, misi PTKI di antaranya adalah mengupayakan adanya integrasi keilmuan, integrasi antara studi keislaman dan ilmu hukum, dan seterusnya. Dengan demikian pendekatan yang dilakukan bisa melalui ilmu hukum Islam dan pranata sosial ataupun pendekatan ilmu hukum dan pranata sosial Islam. Keduanya adalah epistemologi yang harus dikembangkan di PTKI. “Antara peminat studi keislaman dan ilmu-ilmu sosial khususnya ilmu hukum harus lebih banyak melakukan dialog”, pungkasnya.

Sementara itu yang mewakili Sekda Kalteng, Ir. Sri Suwanto, M.S., Asisten Administrasi Umum Pemprov Kalteng, menyambut baik adanya pembentukan HISSI di Kalimantan Tengah guna menjadi lahan untuk berkiprah dan mengabdi kepada masyarakat melalui ilmu-ilmu syariah dan diharapkan dapat bersinergi di antara para sarjana, ilmuwan, dan profesional di bidang hukum.

Dr. H. Syaikhu, M.H.I., yang merupakan WR II IAIN Palangka Raya dan salah satu Dosen Fakultas Syariah dilantik menjadi Ketua MPW HISSI Kalteng, dengan Sekretaris Reza Noor Ihsan, M.H. Dewan Pembina pada organisasi ini adalah Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, M.H.I., Prof. Dr. Ibnu Elmi A. S Pelu, S.H., M.H., Prof. Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag, dan Dr. H. Abdul Helim, M.Ag. Adapun MPW HISSI Kalimantan Tengah Periode 2023-2027 ini berjumlah 43 anggota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *