Pada Jum’at dan Sabtu, 31 Mei – 1 Juni 2024 dilaksanakan kegiatan Ujian Sidang Peradilan Semu Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya, bertempat di Lab Peradilan yang diikuti sebanyak enam kelompok praktikan dalam rangkaian kegiatan Praktik Kemahiran Hukum I. Pada praktik ini, Dr. Yusri, S.Ag., M.H., Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya, hadir sebagai penguji.

Praktik Peradilan Semu ini merupakan simulasi peradilan bagi mahasiswa Fakultas Syariah di semester enam. Melalui simulasi peradilan ini, mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktik beracara setelah magang di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri.

Plh. Dekan Fakultas Syariah, yakni Wakil Dekan I Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya, Dr. Surya Sukti, M.A., ketika membuka kegiatan tersebut berharap kepada para peserta kiranya dapat menghayati tugas dan peran masing-masing sebagai pemeran layaknya bermain drama dalam peradilan semu. Dengan penghayatan peran tersebut diharapkan nanti para praktikan akan mampu berperan dalam posisi yang sebenarnya ketika bertugas di dunia kerja. Menurut Dr. Surya Sukti, M.A., bahwa sebagai calon Sarjana Hukum setidaknya para mahasiswa memiliki tiga ranah kompetensi yaitu pertama pengetahuan hukum secara kognitif, kedua kemampuan dalam bernalar dan logika hukum, dan ketiga memiliki skill atau keterampilan dalam beracara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *